Kamis, 04 Juli 2013

Sudah Siap Belum Ramadhan Tahun Ini?

Assalamu'alaikum wr. wb.

Apa kabar kawan? saya harap kawan semua dalam keadaan baik. Aamiin

Oiya tinggal beberapa hari lagi kita udah memasuki bulan Ramadhan loh, Alhamdulillah.



Betapa bahagianya kaum muslimin dengan kedatangan bulan Ramadhan ini, bulan yang penuh berkah, bulan Al-Qur’an, bulan ampunan, bulan kasih sayang, bulan doa, bulan taubat, bulan kesabaran, dan bulan pembebasan dari api neraka. Bulan yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh segenap kaum muslimin.

Sebelum memasuki bulan Ramadhan, kita kudu mempersiapkan diri untuk menghadapinya. Kalian tahu apa yang harus dilakukan? Nih ada beberapa saran dari saya:


1. Bayar Utang Puasa


 Hayo.. udah belum bayar utang puasa? Yang udah alhamdulillah. Yang belum masih ada waktu nih beberapa hari lagi untuk bayarnya. Jangan kayak gambar di atas ya!

2. Buat Target Selama Ramadhan


 Ini penting juga nih! Buat target-targetmu selama bulan Ramadhan. Perbanyak amal ibadah! seperti tadarus al-Qur'an, sholat 5 waktu plus sholat sunahnya, sholat duha, solat malam, sedekah, nambah hafalan-hafalan surah, dan masih banyak lagi. Ini bisa jadi targetmu selama bulan Ramadhan. Jangan bengong aja nanti cuma bisa nonton tv dan tidur Hadedeh. Jangan gitu ya! ^_^

3. Muhasabah yuk


Muhasabah adalah evaluasi atau interopeksi diri agar menjadi yang lebih baik. Muhasabah ini perlu sob, apalagi menjelang Ramadhan ini. Yang biasa Ramadhan kemarin  puasanya bolong-bolong tanpa alasan yang jelas tahun ini harus full. Yang dulu puasanya masih berbuat hal yang buruk sekarang harus ditinggalin jauh-jauh hal-hal buruk itu. Pokoknya seperti itu lah muhasabah. Memperbaiki kekurangan yang ada pada diri sendiri.

4. Belajar Saling Memaafkan


Ayo saling memaafkan! Walaupun belum Idul Fithri kita harus saling memaafkan. Agar selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan hati kita menjadi tenang, gak ada rasa cemas lagi.


5. Persiapan Iman, Fisik, Harta, dan Ilmu


 Ini Juga penting loh. Seperti; I'dad Ruhi Imani persiapan ruh keimanan. Menghindar dan menjauhi hal-hal buruk merupakan salah satu contohnya.

I'dad Jasadi (persiapan fisik). Selama Ramadhan kita bakal puasa sebulan penuh. Nah maka dari itu kita mesti siapkan fisik kita ini biar terbiasa nantinya jadi nggak ngerasa aneh lagi nanti. Persiapannya seperti puasa sunah, olahraga, beli multivitamin untuk daya tahan tubuh dan lain-lain

I'dad maaliyah (persiapan harta). Di bulan ramadhan perbanyak sedekah. Jangan takut kalo bakal berkurang hartamu. Malah bakal dilipatgandakan berkali lipat.

I'dad Fikri wa 'Ilmi (persiapan intelektual dan keilmuan). Dalam puasa kita nggak hanya puasa aja. Tapi harus tahu juga ilmu-ilmunya seperti yang mengurangi pahala puasa, sunah dan rukun puasa. serta masih banyak lagi. Perbanyak baca-baca buku tentang puasa, browsing, menghadiri majelis dan masih banyak lagi. agar ilmu kita bertambah.

Oke kita sudah bahas persiapan selama Ramadhan ini. Ayo segera disiapkan. Kamu siap?





Sumber foto: Komik Muslimah
Terinspirasi dari komik muslimah

Alhamdulillah dapat award dari Komik Muslimah, Makasih Mbak Dhiba ^_^


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
 
Berbagi Cerita Blogger Template by Ipietoon Blogger Template